Cikiciiew..!!

Klonengan http://anebego.blogspot.com

Header Ads
javascript:void(0)

Kamis

Belajar HTML (Bagian Ketiga)

Lanjutan dari  Belajar HTML (Bagian Kedua)


Atribut Tag HTML

Tag HTML dapat memiliki atribut. Atribut memungkinkan informasi tambahan pada elemen HTML. Atribut selalu memiliki pasangan nama/nilai seperti ini: nama=”nilai”. Atribut selalu dicantumkan pada awal tag elemen HTML.


Contoh Atribut 1:
<h1> mendefinisikan awal sebuah judul.
<h1 align=”center”> memiliki informasi tambahan tentang perataan baris.

Contoh Atribut 2:
<body> mendefinisikan badan/isi halaman HTML kita.
<body bgcolor=”red”> akan membuat background layar menjadi merah.

Contoh Atribut 3:
<table> mendefinisikan sebuah tabel HTML (nanti kita pelajari lebih lanjut).
<table border=”1”> memiliki tambahan informasi mengenai ketebalan garis pada tabel.

Selalu Gunakan Tanda Kutip pada Nilai Atribut
Nilai atribut seharusnya selalu diapit oleh tanda kutip. Tanda kutip ganda paling sering digunakan, tapi sebenarnya tanda kutip tunggal juga boleh. Pada beberapa situasi tertantu yang sangat jarang terjadi, seperti misalnya saat nilai atribut itu sendiri berisi tanda kutip, maka kitab bisa gunakan tanda kutip tunggal. Contohnya kayak gini :
nama=’Uzumaki “Jurus Seribu Bayangan” Naruto’


Entitas Karakter HTML

Setelah belajar tentang atribut HTML, sekarang kita akan belajar cara menampilkan karakter khusus dalam HTML. Beberapa karakter khusus seperti karakter <, punya arti khusus dalam HTML (sebagai tanda tag HTML), karena itu kita tidak akan bisa menggunakannya sebagai teks dalam arti dituliskan langsung sebagai < dalam kode HTML kita. Untuk menampilkan tanda lebih kecil (<) dalam HTML, kita perlu belajar tentang Entitas Karakter HTML. 

Beberapa karakter memiliki arti khusus dalam HTML, seperti tanda lebih kecil (<) yang mendefinisikan awal dari sebuah tag HTML. Kalau kita ingin agar browser menampilkan tanda lebih kecil itu (<), kita harus menyisipkan entitas karakter dalam kode HTML kita. Entitas karakter memiliki 3 komponen: sebuah tanda dan (&), nama entitas atau sebuah # yang diikuti nomor entitas dan diakhiri dengan tanda titik koma ( ; ). Untuk menampilkan tanda lebih kecil dalam halaman HTML kita, maka kita harus menuliskan : &lt; atau <. Keuntungan menggunakan nama dibandingkan nomor adalah bahwa nama lebih mudah untuk diingat. Kekurangannya adalah bahwa tidak semua browser mendukung nama-nama entitas yang baru, namun demikian hampir semua browser mendukung nama entitas standar.

Catatan: entitas bersifat case sensitif.

Spasi berurutan
Entitas karakter yang mungkin akan paling sering kita pakai adalah spasi. HTML akan menghilangkan spasi dalam teks HTML kita. Kalau kita menuliskan 10 spasi pada kode HTML kita, maka HTML akan menghapus 9 spasi. Nah, untuk menambahkan spasi pada dokumen HTML kita, gunakan entitas karakter &nbsp;

Beberapa entitas karakter yang sering dipakai:

Hasil         Keterangan

Spasi
< Kurang dari
> Lebih dari
& Dan
" atau ' Tanda Kutip

Nama Entitas :
  • &nbsp;
  • &lt; 
  • &gt; 
  • &amp; 
  • &quot; 
  • &apos; (Tidak berlaku di IE)
Nomor Entitas :
  • * 
  • < 
  • > 
  • & 
  • " 
  • '  

Bersambung



Back To Top